Sabtu, 11 Januari 2014

Mengapa kita berkomunikasi?

Nama : Mar’I Mahdy Ahmad
NIM : 20113110012
Jurusan : Dakwah
Jawaban soal mata kuliah komunikasi organisasi
1.      Mengapa kita berkomunikasi
Kita berkomunikasi karena kita ingin dianggap keberadaan kita ada dan kita berkomunikasi adalah untuk menunjukkan jati diri, siapa kita. menunjukkan eksistensi, bahwa kita ada. kita menunjukkan siapa kita melalui informasi-informasi yang kita sampaikan kepada komunikan. Selain itu, komunikasi juga merupakan kebutuhan. Komunikasi juga berguna untuk membangun relasi/hubungan karena kita makhluk adalah zoon politicon yang tidak dapat hidup sendiri, sebagai cara penyempaian informasi yang merupakan kebutuhan.


2.        a. Sistem kerjasama adalah suatu upaya atau mekanisme yang dilakukan demi tercapainya tujuan yang sama.

b. Hubungan yang terstruktur adalah suatu hubungan yang jelas dan mempunyai konsep, perencanaan dan tujuan.

c. Meraih hasil adalah merupakan harapan setiap individu yang berada dalam suatu kelompok, ada tujuan tertentu yang akan dilakukan secara bersama- sama untuk meraih hasil. Meraih hasil adalah tujuan akhir dari suatu kelompok.

Menurut saya, komunikasi organisasi adalah suatu interaksi dan komunikasi yang dilakukan di dalam suatu kelompok/lembaga tertentu, demi tercapainya tujuan bersama.

3.        a. komunikasi sosial dapat diartikan suatu proses interaksi dimana seseorang atau sesuatu lembaga menyampaikan amanat kepada pihak lain agar pihak lain itu dapat menangkap maksud yang dikehendaki penyampainya baik secara verbal maupun nonverbal.

b. Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam jenis dan bentuk komunikasi untuk mencapai tujuan bisnis.


c. Komunikasi budaya adalah komunikasi yang dilakukan dalam kebudayaan, dan menyangkut budaya masing- masing. Komunikasi yang membawa ciri budaya dan kekhasan cara berkomunikasi.

d. Komunikasi Internasional (international communication) adalah komunikasi yang dilakukan oleh komunikator yang mewakili suatu negara untuk menyampaikan pesan-pesan yang berkaitan dengan kepentingan negaranya kepada komunikan yang mewakili negara lain.

e. komunikasi pemerintahan adalah proses penyampaian ide-ide, gagasan-gagasan dan program pemerintah kepada masyarakat dalam rangka mencapai tujuan negara yaitu kesejahteraan rakyat.

f. Komunikasi Politik adalah komunikasi yang melibatkan pesan-pesan politik dan aktor-aktor politik, atau berkaitan dengan kekuasaan, pemerintahan, dan kebijakan pemerintah.


g. Komunikasi tradisional adalah proses penyampaian pesan dari satu pihak ke pihak lain, dengan menggunakan media tradisional yang sudah lama digunakan di suatu tempat sebelum kebudayaannya tersentuh oleh teknologi modern. 

Tidak ada komentar: